Posted by: orbani | October 5, 2008

Aromaterapi

Aromaterapi
Aromaterapi dikenal sebagai salah satu cara terapi kesehatan yang aman dan nyaman dengan menggunakan minyak sari pati ( esensial oil ) hasil ekstraksi bunga, daun, buah dan bagian lain tumbuh-tumbuhan.

Manfaat Aromaterapi
Aromaterapi bermanfaat untuk mempercepat peremajaan kulit melalui minyak esensial yang meresap ke dalam kulit sehingga meningkatkan aliran darah, mencegah timbulnya pelbagai penyakit karena bersifat anti bakteri, menetralisir ketegangan, mengurangi stress dan memberi kenyamanan ( relaxing ) melalui aroma minyak esensial yang terhirup, menormalisasi metabolisme dan pernafasan seluler, meningkatkan vitalitas dan membantu pembakaran produk lemak yang berlebihan, melembabkan dan meningkatkan kandungan oksigen serta menghilangkan racun pada kulit, membantu mengatur keseimbangan tubuh dan menstimulasi proses terapi.

Tips Agar aman dalam penggunaan
Jangan mencoba untuk melarutkan minyak berlebihan dengan air atau digunakan langsung di kulit karena dapat menimbulkan iritasi pada kulit sensitif, untuk lebih amannya mesti diencerkan dalam minyak sejenis atau minyak nabati. ( minyak almond, minyak biji wijen, bunga matahari, minyak jagung, minyak kelapa, minyak kemiri ataupun olive oil )
Jangan membiarkan kontak antara minyak asiri dengan kulit yang sensitive ataupun selaput lendir. Jangan menambahkan minyak asiri secara langsung ke dalam air mandi, sebelum digunakan untuk mandi / berendam campurlah dahulu dengan tepung susu kedelai dan jangan pernah menggunakan untuk berendam lebih dari 10 – 20 tetes ke dalam bath tub karena bisa menimbulkan iritasi. Tidak dianjurkan untuk ibu hamil karena dapat menyebabkan kontraksi rahim yang berlebihan.
Bakarlah essential oil pada saat anda bersantai atau menjelang tidur, jangan lupa pasang musik yang lembut, dijamin kualitas tidur anda akan meningkat dan keesokan harinya anda telah memiliki energy baru untuk kembali beraktifitas.

Akar Wangi ( Vetiver zizabnoides Nash )
Minyak ini berfungsi untuk menyegarkan fikiran dan tubuh, membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi darah, menenangkan, membantu mengatasi stress dan menstabilkan emosi.

Bunga Rose ( Rosa damascene Muller )
Aromanya bisa membangkitkan gairah seksual ( aprodisiak ) berguna untuk mempertahankan frekwensi setiap sel sehingga menjaga keseimbangan dan keharmonisan tubuh, menghalangi terjadinya pendarahan dan sebagai anti infeksi, membantu problema kelemahan seks, frigiditas, impotensi, penyakit kulit, kulit keriput, pecah-pecah juga dapat merangsang dan meningkatkan daya pikir serta menciptakan perasan yang lebih enak.

Cemara ( Fir needle )
Minyak ini berguna untuk mensuport tubuh dan menghilangkan gejala arthritis, rematik, bronchitis, batuk, sinusitis, flu, pilek dan demam juga dapat melawan bakteri maupun jamur yang terdapat di udara.

Cengkeh ( Clove, Eugenia aromatica )
Minyak cengkeh dapat memperkuat saluran pernapasan dan membunuh parasit internal. aromanya berkhasiat untuk menyehatkan dan memperkuat ingatan, membantu mengatasi kegelisahan mental, menciptakan perasaan berani dan perasaan untuk melindungi, mengobati infeksi gigi, virus hepatitis, bakteri kolistis, kolera, amuba disentri, infeksi jerawat, sinusitis bronchitis, flu tuberkulosa, hipertensi, gangguan tidak berfungsinya kelenjar tiroid juga dapat digunakan sebagai aprodisiak.

Cendana ( Sandalwood )
Minyak yang berguna untuk antiseptic saluran urine juga memiliki aktivitas mirip dengan frankincecse yang berfungsi untuk mendukung fungsi hati, saraf dan system kardiovaskular, serta membantu menghilangkan gejala bronchitis. Dapat digunakan dalam yoga dan meditasi, juga untuk regenerasi kulit, meningkatkan kandungan oksigen disekitar kelenjar pituitary dan kelenjar pineal.

Ekaliptus ( Eucalytus )
Sarinya diambil dari bagian daun. Mempunyai efek keseimbangan dan menstimulus peningkatan proses penyembuhan, protectiveness, konsentrasi, vitalitas, keseimbangan emosi, dan juga spontanitas. Selain itu dapat mengurangi panas badan saat flu, sakit kepala, kelakuan yang tidak rasional, kemarahan, mengusir insek serta menghilangkan bau yang tidak sedap.
Eucalyptus dicampur sedikit peppermint membantu untuk mengurangi hidung tersumbat dan batuk-batuk di pagi hari (karena kedinginan misalnya).

Jahe ( Gingger )
Minyak tersebut digunakan untuk menghilangkan radang sendi, rematik, kesleo, pegal, sakit pada otot, batuk, sinusitis, sakit tenggorokan, kram, masuk angin, hilang nafsu makan, demam, flu, meriang, penyakit infeksi. Penggunanya harus hati-hati karena minyak tersebut berasa pedas dan dapat menimbulkan iritasi.

Melati ( Jasmine )
Minyaknya diambil dari bagian bunga yang mempunyai efek menyejukkan, meningkatkan keseimbangan, pikiran positif, gairah seksual, kepekaan, kejernihan pikiran, harapan, keterbukaan, kebijaksanaan, ketenangan jiwa, rasa bahagia, romans, dan cinta. Juga dapat mengurangi depresi, rasa cemas, batuk, rasa sakit saat menstruasi, stress, sedih, kecewa, dan rasa iri.

Jeruk Bergamot ( Citrus bergamia risso )
Minyak tersebut sangat bagus untuk menyembuhkan jerawat, kulit berminyak, menyembuhkan semua jenis infeksi kulit, melawan demam, eksem, gigitan serangga, psoriasis, scabies, cacar, varises, luka, bisul, meriang, sakit tenggorokan, depresi, juga sebagai deodoran.tapi sangat sensitif terhadap cahaya dan akan memperkuat reaksi kulit terhadap matahari sehingga membuat kulit tampak terbakar. Meningkatkan energi positif, relaxasi, menerangkan kepuasan jiwa, mengurangi depresi, rasa kesepian,tegang, sedih, menyegarkan dan lelah juga sebagai deodorant. Pada massage oil dapat membantu penyembuhan demam dan flu

Jeruk Nipis ( Lime )
Minyak ini bersifat sebagai pembangkit tenaga & dapat menjernikan pikiran, bisa digunakan sebagai penyegar, astrigen dan perawatan kulit.hindari penggunaan dibawah sinar matahari karena menimbulkan efek fototoksik.

Jeruk Orange ( Orange )
Bisa menciptakan perasaan nyaman dan bahagia pada pikiran dan tubuh, membantu mengatasi kebosanan, sariawan, kegemukan, pilek, flu, susah buang air besar.

Jeruk Purut ( Citrus histryx D.C )
Mengandung senyawa aldehid untuk antiinflasi, antibakteri, mikroorganisme. aromanya menyegarkan, membersihkan, melegahkan dan mengurangi peradangan saluran pernapasan.

Jeruk Lemon. ( Citrus Limon Burm )
Aromanya menyegarkan, bersih, bersemangat. Sari minyaknya diambil dari bagian buah yang berasal dari Sisilia. Mempunyai efek menjernihkan dan stimulasi, juga baik untuk penanganan pertama digigit ular dan serangga. Selain itu memberikan efek meningkatkan tenaga, kewaspadaan, perasaan bahagia, vitalitas, pandangan positif, motivasi, keyakinan dalam mengambil keputusan, dan stabilitas. Juga mengurangi masalah gangguan pernafasan, tekanan darah tinggi, pelupa, stress, pikiran negatif dan rasa takut.

Kamboja ( Plumeria )
Aroma minyak kamboja digunakan untuk menciptakan suasana yang penuh cinta dan kedamaian.

Kenanga ( Ylang-ylang )
Berfungsi sebagai penenang, membuat perasaan menjadi rileks, dapat memperlambat aliran napas dan denyut jantung yang terlalu cepat, membantu menurunkan tekanan darah. Memiliki efek menyeimbangkan hormon, memberi semangat, meningkatkan sensualitas, perasaan gembira, kehangatan, rasa percaya diri, keterbukaan, relaksasi, rasa nyaman dan tentram. Mengurangi depresi, kesulitan tidur, rasa tegang, stress saat menstruasi, lemah seksual, perasaan frustrasi, rasa labil, dan rasa bersalah. Aromanya berkasiat meningkatkan enegi seksual dan frigiditas. Namun pada dosis tinggi dapat menyebabkan sakit kepala.

Lavender ( Lavandula officinalis L )
Minyak tersebut cocok untuk merawat kulit terbakar ,terkelupas, psoriasis, insomania. Aromanya barkhasiat membangkitkan kesehatan, cinta dan kedamaian, membantu keseimbangan tubuh, menghilangkan sakit kepala, premenstrual, sindroma, stress, ketegangan, kejang otot dan regulasi jantung.

Nilam ( Patchouli )
Untuk perawatan kulit yang rusak, menghalangi kulit keriput dan pecah-pecah, mengatasi depresi, gelisah dan stress. Aromanya dapat membangkitkan gairah seksual pada pria dan wanita.

Pepermint ( Mentha piperita L )
Dapat mengatasi sakit perut, hati dan usus. Aromanya berkhasiat merangsang otak dan menjernihkan pikiran, membantu menghilangkan demam, hidung tersumbat melegahkan membantu fungsi organ pernapasan.

Pinus ( Pinus sylvestris L )
Berfungsi sebagai anti jamur dan antiseptic untuk penunjang sistem pernapasan. Minyak Pinus dapat untuk mengurut otot dan persendian. Khasiat minyak tersebut akan meningkat jika dicampur dengan minyak ekaliptus.

Sereh ( Lemon grass )
Minyak sereh dapat membantu melawan penyakit infeksi, demam dan mengatasi masalah sistim pencernaan dan membantu regenerasi jaringan penghubung. Aromanya dapat membersihkan dan memperkuat fisik.

Sereh Wangi ( Citronella )
Minyak ini dapat menenangkan, menyegarkan, mempertajam pikiran, bisa sebagai deodorant alami, sebagai penolak serangga, dapat digunakan untuk perawatan kulit.tapi jangan digunakan yang sedang hamil.

Teh’ hijau / green tea ( Camellia sinensis )
Wangi yang satu ini dapat membantu menyeimbangkan fungsi sel tubuh, membantu mencegah kanker, memperbaiki sistem peredaran darah, membantu menguraikan asam lemak, menurunkan kadar gula dalam darah, meningkatkan fungsi lever, membantu mengeluarkan dahak dan membersihkan paru-paru, memperlambat proses penuaan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: